Jangan Mau Dibohongi Developer Penipu, Ini Cara Mengetahui Trik si ‘Penipu Properti”

Belakangan ini muncul banyak sekali developer yang memberikan janji menyediakan rumah baik dan berharga murah. Bagi Anda yang menginginkan memiliki rumah sendiri, jangan terlena janji yang diberikan oleh developer. Dari banyak developer yang tersedia, pasti ada saja yang sedikit nakal dan menipu. Anda harus pintar-pintar dalam memilih developer yang berkualitas. Jangan hanya karena lokasi rumah dan harganya yang menarik hati, Anda mengabaikan kapasitas developernya.


4 Trik Mengetahui Developer Penipu

Developer merupakan pihak yang sangat penting dalam proses pembangunan rumah. Mereka bertugas mempersiapkan rumah mulai dari desain, memilih bahan bangunan, proses pembangunan hingga mengurusi surat jual belinya. Berikut ini beberapa hal yang harus anda pastikan sebelum memilih developer.

1. Developer Yang Profesional

Developer merupakan bidang usaha yang formal. Anda harus memastikan bahwa developer yang dipilih memang telah sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Misalnya, memiliki surat ijin usaha atau SIUP, tanda daftar perusahaan atau TDP, dan juga kelengkapan berkas lainnya seperti ijin untuk melakukan pembangunan. Anda bisa melakukan penelitian tentang kapasitas dan karakter developer tersebut. Mencari tahu dari perumahan yang pernah mereka kerjakan, menggali informasi dari internet atau sumber lainnya.

2. Informasi yang Simpang Siur

Jika Anda menemukan kondisi dimana agen developer dan customer servicenya tidak memiliki product knowledge yang sama, bisa dikatakan bahwa developer tersebut sedikit bermasalah. Perhatikan penjelasan yang diberikan oleh agen penjualan yang ada di lapangan, tanyakan dengan detail setiap rinci urusan yang berhubungan dengan rumah. Kemudian bandingkan dengan penjelasan dari customer service yang bertugas di kantor. Jika mereka memiliki jawaban yang berbeda, Anda harus berhati-hati.

3. Harga Rumah yang Cenderung Murah

Menemukan sebuah rumah tinggal memang harus dilakukan secepatnya jika Anda memiliki kesempatan. Sekarang ini banyak sekali penawaran rumah murah oleh berbagai developer. Dari penawaran rumah-rumah tersebut, pada umumnya developer-developer memiliki harga yang standar meskipun tidak selalu seragam. Jika anda menemukan rumah yang harganya terbilang sangat murah, anda patut waspada. Mungkin saja anda telah terbuai oleh bujuk rayu developer nakal atau penipu.

4. Cek Lokasi dan Rumah Contoh

Permasalahan yang sering terjadi adalah Anda telah terlebih dahulu menyetujui proses pembelian rumah dimana rumah tersebut belum sepenuhnya berdiri atau dalam arti masih dilakukan atau akan dilakukan proses pembangunan. Ketika anda telah menyetujui perjanjian jual beli, mau tidak mau Anda harus menerima apapun keadaan rumah.

Hal inilah yang harus dihindari. Sebisa mungkin, Anda harus mengetahui lokasi dimana rumah akan didirikan. Cek dengan datang ke lokasi yang ditentukan. Apabila disediakan rumah contoh, Anda harus mempertanyakan dengan detail setiap rinci pembangunannya. Hal ini sebagai usaha pencegahan jika di kemudian hari, Anda mengalami hal yang tidak diinginkan.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah sebuah developer merupakan pihak yang layak dan bisa dipercaya, ataukah mereka termasuk developer nakal dan penipu.