Untung Rugi Ambil Asuransi bagi Sebuah Keluarga: Ini Fakta Sebenarnya

Secara umum, asuransi adalah suatu bentuk perjanjian antara pihak tertanggung (nasabah) dengan pihak penanggung (perusahaan asuransi) di mana pihak penanggung akan memberikan ganti rugi yang akan diterima oleh pihak tertanggung atas kejadian yang akan berlaku di masa mendatang.

Ada beberapa macam asuransi yang disediakan oleh pihak asuransi yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan dan lain sebagainya. Apakah Anda berencana untuk mengambil satu produk asuransi untuk keluarga? Sebelumnya ketahuilah beberapa hal di bawah ini agar Anda mendapatkan gambaran mengenai keuntungan dan kerugian asuransi.


Keuntungan Asuransi

Seperti yang diketahui, banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan satu produk asuransi. Ambillah sebuah contoh yaitu asuransi kesehatan yang bisa dipergunakan ketika Anda tiba-tiba jatuh sakit. Berikut ini gambaran secara umum mengenai keuntungan asuransi.

1. Memberikan Ketenangan

Secara tidak sadar, jika Anda memiliki atau memegang sebuah asuransi, Anda akan merasa tenang dan tidak terbebani menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Seperti contoh asuransi kesehatan di atas. Tidak ada yang bisa memprediksi musibah apa yang bisa datang sewaktu-waktu. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda tidak akan memberatkan anggota keluarga atau kerabat yang lain karena biaya pengobatan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

2. Melindungi Ahli Waris

Melindungi ahli waris merupakan keuntungan jika Anda mengambil asuransi jiwa. Asuransi ini memberikan ganti rugi jika pada saat masa pertanggungan berjalan, Anda mengalami satu kejadian yang menyebabkan hilangnya nyawa atau meninggal dunia. Uang pertanggungan akan diberikan pada ahli waris seperti istri atau anak. Dengan uang ini, istri atau anak Anda setidaknya memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri sebelum bisa mandiri secara keuangan.

Kerugian Asuransi

Seperti dua sisi mata uang, asuransi juga membawa kerugian di beberapa aspek. Berikut ini adalah kerugian-kerugian yang mungkin ditimbulkan.

1. Pencairan Uang Klaim Tidak Seperti Yang Diharapkan

Ada beberapa produk seperti asuransi pendidikan yang hasil klaimnya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Biasanya, di awal proses pengajuan asuransi pendidikan, Anda akan diberikan gambaran investasi yang menunjukkan besarnya nilai uang klaim yang bisa didapatkan. Namun gambaran tersebut hanya merupakan ilustrasi yang bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi perekonomian yang sedang terjadi. Itulah mengapa terkadang pencairan dana asuransi pendidikan mungkin tidak sesuai dengan ilustrasi yang diberikan di awal.

2. Investasi Yang Tidak Transparan

Asuransi jiwa merupakan satu produk asuransi yang paling tidak transparan yang pernah ada. Dalam hal ini, Anda tidak bisa mengetahui dana yang Anda bayarkan setiap bulannya dimanfaatkan untuk apa dan dimana. Di samping itu, perusahaan asuransi juga tidak memberikan informasi kapan nilai investasi melonjak naik ataupun turun.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi jika Anda mengambil satu produk asuransi untuk keluarga. Bagaimanapun, Anda sendirilah yang bisa memilih dan memilah bagaimana produk ini bisa bernilai dan bermanfaat untuk seluruh anggota keluarga.