Ingin Nabung Dengan Cara Investasi Tanah? Yuks Kita Pelajari Tips Triknya di Sini

Berinvestasi untuk masa depan adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan di masa mendatang dan dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Untuk Anda yang memilih berinvestasi tanah, pastikan bahwa tanah yang akan Anda beli dapat memberikan banyak keuntungan. Selain itu Anda juga harus paham tentang surat perjanjian jual beli agar nantinya hak milik Anda aman. Jangan lupa pelajari beberapa tips dan trick agar mendapatkan tanah yang terbaik untuk investasi.


Tips Dan Trick Memilih Tanah Untuk Investasi

Beberapa tips dan trick yang bisa Anda simak untuk mencari tanah yang akan Anda jadikan sebagai investasi adalah sebagai berikut ini:

1. Lokasi tanah

Jika ingin berinvestasi tanah, Anda harus jeli dalam memilihnya karena hal ini akan berpengaruh pada harganya di masa depan. Jika Anda ingin mendapatkan harga yang tinggi dari waktu ke waktu, pilihlah tanah yang berada di pusat bisnis dan industry atau dekat dengan kawasan permukiman. Selain itu daerah yang dekat dengan kawasan pendidikan juga sangat berpotensi untuk dijadikan investasi.

Yang harus Anda ingat adalah dari segi keamanan daerah tersebut karena beberapa lokasi seringkali rawan bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Hindari juga membeli tanah yang berdekatan dengan lokasi pembuangan sampah, limbah, dekat dengan tempat angker, rawan kejahatan. Jadi jangan gegabah dalam memilihnya dan Anda harus berfikir dengan baik-baik.

2. Kondisi tanah

Yang dimaksud dengan kondisi tanah adalah tentang bentuknya, kepadatan, kerataan, ukuran dan lain sebagainya. Para pembeli biasanya lebih suka dengan tanah yang berbentuk trapezium atau persegi dengan tanah yang cenderung rata dan padat. Alasannya adalah tanah yang tidak rata otomatis membutuhkan dana lagi untuk meratakannya seandainya akan dibangun bangunan di atasnya.

Bacalah juga keadaan sekitarnya sebelum membeli. Bila tanahnya berada di kawasan elit, belilah tanah dalam ukuran yang besar. Mungkin suatu saat nanti ada orang kaya yang ingin membeli tanah Anda dan membutuhkan luas tanah yang cukup besar untuk ukuran rumah mewah. Namun bila di lingkungan menengah ke bawah Anda dapat mencari tanah dengan ukuran 200 m2 karena ukuran ini tentu saja lebih diminati dan dianggap terjangkau.

3. Negosiasi harga tanah

Untuk Anda yang belum memiliki pengalaman dalam membeli tanah, Anda wajib belajar cara negosiasi dalam membeli tanah. Tentu saja hal ini bertujuan untuk menghindarkan diri Anda dari kerugian karena membeli dengan harga yang terlalu tinggi. Anda harus tahu alasan apa yang membuat tanah di lokasi tersebut ditawarkan dengan harga tinggi oleh pemiliknya. Bila memang alasannya masuk akal, Anda dapat menyetujuinya.

Dari sisi pembeli, Anda juga harus bisa menawar untuk mendapatkan harga yang rendah. Misalnya saja Anda dapat mencari kelemahan dari tanah yang dijual karena beberapa faktor hingga Anda dapat melakukan negosiasi harga. Tetapi apa yang Anda katakana harus sesuai dengan kenyataan dan tidak mengada-ada agar jual beli tidak memicu masalah antara kedua belah pihak.

4. Legalitas dan kelengkapan surat tanah

Jangan lupa mengecek legalitas surat tanah yang ada agar hak milik jelas. Sebelum membeli tanah, tanyakan legalitasnya dan pastikan bahwa itu bukan tanah sengketa. Bila Anda mungkin masih merasa ragu, Anda dapat menanyakan kepada notaris agar tahu keabsahannya.

Beberapa tips dan trick di atas adalah modal utama bagi Anda yang sedang mencari tanah untuk dijadikan investasi. Investasi tanah merupakan salah satu pilihan cerdas yang bisa dipastikan tidak akan mengalami kerugian karena dari tahun ke tahun harga tanah terus melambung. Semoga semua yang disampaikan menambah informasi Anda dan dapat memberikan gambaran dalam mencari tanah untuk berinvestasi.